Selasa, 26 Juli 2011

Distro-Distro Populer Linux

Ada banyak sekali distro-distro linux yang populer di dunia, tetapi kali ini saya akan menyebutkan beberapa diantaranya. Dari sekian banyak distro linux, ada yang berbayar maupun gratis. Dan dari sekian banyak distro linux, produksi distro terbesar di dunia antara lain Redhat, Open Suse, dan Debian.

Nah, dibawah ini contoh distro-distro linux:

1. Ubuntu
Logo Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distro yang paling populer di dunia. Kestabilannya dan user friendly membuat masyaratkan mencari-cari distro ini, saya juga merekomendasikan distro ini untuk para pengguna baru linux, karena memang inilah distro yang mudah dioperasikan.

2. Open Suse
Opensuse pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1992 oleh 4 orang penggemar linux berkebangsaan Jerman. Mereka adalah Rolland Dyroff, Thomas Fehr, Hubert Mantel dan Steinbild. Proyeknya mereka namakan SUSE karena singkatan dari (Software und System Entwicklung). Ada 2 edisi dalam distro ini yaitu Opensuse dan Suse Linux Enterprise.

3. Fedora
Fedora pertama kali dirilis pada tahun 1995 (1 tahun sesudah Indonesia merdeka ya...? cukup buat ngeramein perayaan kemerdekaan tuh...). Dibuat oleh 2 orang yang bernama Marc Ewing dan Bob Young, Fedora baru populer pada tahun 2004.

4. Mandriva
Mandriva pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 (tahun kelahiran saya, hehe), oleh Gael Duval dibawah nama Mandrake Linux.

5. Linux Mint
Linux Mint adalah distro Linux yang berbasis Ubuntu, pertama kali diluncurkan tahun 2006 oleh seorang kebangsaan perancis bernama Clement Lefebvfre, pekerja IT yang menetap di negara Irlandia.

6. Slackware
Distro ini diciptakan oleh Patrick Volkerding (bukan Voldemort!). Merupakan salah satu distro yang paling sukses didunia.
Disqus Comments