Selasa, 22 November 2011

Ubuntu – Operating System KEBAL Virus. Benarkah?

Banyak orang yang beranggapan bahwa Ubuntu merupakan OS kebal virus, namun banyak juga yang tidak percaya dengan hal tersebut. Apakah hal itu fakta atau fiktif?

Seperti yang kita telah ketahui, bahwa sebagian besar (bahkan -nyaris- semua) program Windows tidak bisa berjalan di OS Ubuntu, karena memiliki source code yang berbeda sehingga tidak dapat berjalan sama sekali; dengan catatan jika program dari Windows tersebut dijalankan pada program wine.

Ambil contoh: kita akan menginstall Microsoft Office 2007 di OS Ubuntu. Bisa tidak? Tentu tidak. Karena MS Office 2007 merupakan program yang ditujukan untuk Windows.


Begitu juga dengan virus. Virus adalah program Windows (jika kodenya dicompile di OS Windows) yang tidak bisa berjalan pada Ubuntu. Alhasil, banyak orang yang beranggapan bahwa Ubuntu merupakan OS kebal virus.

Lain ceritanya kalau kodenya dicompile di Ubuntu. Maka, hanya OS Ubuntu saja yang bisa terkena virus, sedangkan Windows tidak. Sekali lagi, ini disebabkan karena source code milik Ubuntu jauh berbeda dengan source code milik Windows...

Teorinya mudah, kan? Tidak terlalu sulit. Bahkan tidak perlu menjadi programmer yang serba “pro” untuk mengerti hal semacam ini. Yang dibutuhkan hanya sebuah pengetahuan dan sebongkah logika ;)

Thufayl Hammam – admin belajarsistemubuntu.blogspot.com
Disqus Comments