Minggu, 25 November 2012

Tips & Trik Membongkar Chassis/Casing Komputer

   Dalam dunia perkomputeran khususnya hardware, keahlian dalam membongkar komputer sangat, bahkan wajib diperhitungkan, minimal sudah mengetahui dasar-dasar dalam teknik-nya. Kian lama komputer terjerat masalah rendahnya spesifikasi, umur yang sudah terlalu lama, bagian dalam casing kotor, dan sebagainya. Lalu bagaimana jika anda ingin memasang sendiri Expansion Card, membersihkan bagian dalam, atau malah ingin belajar merakit komputer..? Berikut Tips dan Trik Aman dalam membongkar pasang komputer.

  1. Pastikan Bahwa tidak hanya Monitor saja yang mati, Komputer harus dalam keadaan mati.
  2. Sebelum Membongkar, Periksa dulu alat-alat yang anda
  3. Usahakan untuk mengenakan "Anti-Static" Wristlet, yaitu semacam gelang yang dipakai saat kita akan bekerja dengan hardware komputer. Ini sebagai pelindung dari "shock" yg dapat mengenai kita saat bekerja.
  4. Cabut semua kabel yang masih mencolok kedalam FSB Motherboard dan Expansion Card (VGA, NIC, DLL). Karena jika tidak, anda dapat tersetrum saat memegang casing.
  5. Jika Alergi dengan debu, pakailah masker.
  6. Jika anda baru pertama kali membongkar, disarankan dibimbing dengan yang lebih ahli.
  7. Ubahlah posisi casing yang paling nyaman untuk anda saat membongkar, jika anda membongkar di atas meja, anda dapat mendirikannya atau menidurkannya. Tetapi saat membongkar di lantai, lebih disarankan casing dalam posisi miring dengan menidurkannya.
  8. Periksa Jenis Slot yang benar jika hendak memasang Expansion card seperti VGA, NIC, Sound Card, DLL. (Biasanya motherboard zaman sekarang dilengkapi dengan slot PCI dan PCI-e).
Semoga bermanfaat.
Disqus Comments