Selasa, 01 Januari 2013

Sedikit Glosarium Definisi-Definisi Istilah Dalam Hardware Software

   Masih banyak pertanyaan seputar Dunia Hardware yang menanyakan tentang beberapa istilah atau singkatan dalam Hardware, Semisal POST, BIOS, dll. Karena itu kali ini saya mencoba untuk mendefinisikannya satu-satu, yang paling banyak ditanyakan oleh para user dalam dunia hardware, berikut Glosarium-nya.

  1. OS (Operating System)
   Apa itu Operating System..? OS adalah software sebagai pengendali dari semua operasi dari sistim komputer. Tugas-tugas OS meliputi Alokasi Memori, Distribusi arus Input-Output, Proses Interupsi, Penjadwalan Tugas, Dan pemrosesan lainnya.

     
     2.  POST (Power On Self Test)

   Apa itu POST..? Saat anda menyalakan komputer, pertama kali CPU akan mengakses melewati POST, yaitu mirip dengan Software yang mengontrol diagnosa Pengecekan. POST memeriksa kebutuhan System Memory, Motherboard, Display, Keyboard, Drive (OD, HDD, DLL), dan Device I/O (Expansi) lain.

     3.  ROM (Read-Only Memory )

   Apa itu ROM..? ROM merupakan chip sirkuit yang terintegrasi yang mengandung DATA yang bisa diakses dan di lihat, namun tidak dapat diubah. Tugas ROM yaitu menyimpan data yang tak boleh hilang saat komputer mati seperti jam, alokasi OS, DLL.

     4.  SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

   Apa itu SDRAM..? SDRAM merupakan jenis DRAM dengan sinyal akses yang ter-sinkronisasi dengan CPU-Clock, melakukan Eliminasi dengan transfer data antara CPU dan Memori. SDRAM mengambil alih kendali memori dari CPU.

     5.  DRAM (Dynamic Random Access Memory)

   Salah satu jenis RAM yang memerlukan siklus penyegaran data didalamnya (refresh) untuk mencegah data hilang.

     6.  Device Driver

   Apa itu Device Driver..? Device Driver bisa dibilang adalah pengakselerasi Hardware yang mana hardware atau device tersebut tidak dapat berjalan optimal tanpa Driver ini. Device Driver bekerja rutin sebagai tautan penumpu antara Peripheral Device (Hardware) dan OS.

     7.  PCIe / PCI-E

   PCIe merupakan pengembangan lebih lanjut dari PCI. PCIe adalah Teknologi terakhir jaman sekarang yang menjadi Interface Port untuk memasang VGA Card. PCIe mempunyai kecepatan diatas versi dahulu yaitu AGP.

     8.  AGP (Accelerated Graphics Port)

   Merupakan interface port yang digunakan khusus untuk VGA Card, namun sudah ditinggalkan.

     9.  CPU (Central Processing Unit)

   Banyak orang yang salah dalam mengartikan CPU, bahkan pekerja IT sekalipun, banyak yang mengartikan CPU adalah Casing besar tempat power on/off, tempat motherboard, graphics card, dll berada. CPU sebenarnya merupakan Processor sebagai otak komputer. Tugasnya mengeksekusi perintah program dan memproses data yang diletakkan dalam memori.

     10.  BIOS (Basic Input/Output System)

   BIOS adalah rutinitas yang mengontrol  bagaimana komputer mengirim data antara komponen komputer. BIOS Juga terletak dalam ROM.

sekian semoga bermanfaat.
Disqus Comments