Senin, 24 Maret 2014

Teknologi suara Dolby Atmos akan hadir di smartphone

 



    Smartphone dan tablet sulit untuk menggunakan speaker yang bertenaga karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Tentunya para manufaktur seperti HTC dan BlackBerry mengatasi masalah ini dengan menggunakan BoomSound (pada HTC) dan Natural Sound Technology (pada Blackberry).

     Rupanya Dolby sang ahlinya suara juga tidak mau ketinggalan hal tersebut, mereka ingin memasukkan suara surround Dolby Atmos ke perangkat Smartphone dan tablet di akhir tahun ini.

     Dolby Atmos sudah di perkenalkan saat MWC 2014 ini  dan ternyata Dolby Atmos dapat berjalan di chip prosessor audio terdedikasi atau di prosessor ARM. Namun dengan maksimal jumlah speaker yang ada di Smartphone dan tablet saat ini hanya dua buah, tentu sulit bukan untuk mengeluarkan keluaran suara surround? karena itu teknologi ini hadir yang didesain khusus agar kita berpikir benar suara surround.

    Meskipun sudah diklaim akan rilis akhir tahun ini, namu masih belum jelas perangkat apa yang akan mengadopsi sistem manipulasi suara dari Dolby ini. Namun Dolby menyatakan bahwa teknologi ini kompatibel dengan kebanyakan perangkat berbasis chipset Qualcomm Snapdragon 805.

More info: http://www.dolby.com/us/en/consumer/technology/movie/dolby-atmos.html

via teknoup
Disqus Comments