Senin, 23 April 2012

Hacking : Tahap Enumerasi

   Enumerasi adalah tahapan mendapatkan informasi dari korban seperti halnya dengan tahapan awal Hacking (Recon), tetapi dengan Enumerasi, Aktifitas pembobolan menjadi lebih aktif, ini dikarenakan Hacker langsung berhubungan dengan komputer korban. Karena langsung berhubungan dengan korban, aktifitas ini sangatlah beresiko bagi hacker yang belum berpengalaman dan sangat mudah dideteksi oleh keamanan Firewall & IDS, jadi enumerasi lebih cocok pada hacker tingkat lanjut.

   Enumerasi biasanya dilakukan oleh orang yang berada dalam satu jaringan atau LAN (Local Area Nerwork), ini dikarenakan Enumerasi membutuhkan koneksi yang rawan blocking, terkadang ENumerasi dilakukan berdasarkan protokol yang digunakan dalam LAN.

   Informasi-nformasi yang bisa didapat oleh Hacker dengan Enumerasi sebaas mengenai Jaringan Drive Sharing, sumber daya, nama-nama pengguna yang terdapat dalam sharing folder, dan informasi Service. Jika ingin mendapatkan informasi lebih layaknya IP Address, Open Port (listening port), alamat korban, dan lainnya bisa didapatkan melewati tahapan awal Hacking yaitu Reconnaissance.
Disqus Comments