Jumat, 03 Januari 2014

[Know How] Windows Vista/7 32-bit Dengan RAM lebih dari 4 GB?

   Sebelumnya saya telah banyak menulis artikel untuk Review dan Games belakangan ini, mungkin jarang bagi saya untuk mengeksploitasi sendiri File System Windows (Isu Legalitas), sampai beberapa teman kenalan saya ada yang bertanya, "Gue denger-denger Windows yang 32-bit itu gak bisa make Memory (RAM) lebih dari 4 GB, bener gak sih?". Jawaban dari beberapa sumber pun bervariasi.

    Akhirnya saya memutuskan untuk mencari sumber ahli dan mempelajari beberapa Teori tentang "Physical Address Extension" oleh Geoff Chapell. Jika anda penasaran dengan PAE ini mungkin bisa membaca Geoff Chapell's Note

   Pernahkan bagi anda yang menggunakan Windows Vista/7/8 mendapat isu "Berkurang"-Nya Ukuran RAM asli dengan informasi yang tercatat di Computer Properties? Mungkin anda bertanya, kemana sisanya? apakah saya telah ditipu oleh toko tempat saya membeli RAM? Beruntungnya anda karena jawabannya tidak.


Memory 4 GB, Kenapa hanya 3 GB yang dapat dipakai?


    Sebagaimana 'hilangnya' 1 GB Memory anda, sebagian dari RAM anda tidak dapat digunakan oleh Operating System untuk tujuan yang bervariasi. Contohnya, slot PCI-Express yang biasa digunakan untuk memasang Graphics Card (VGA) akan mengambil sebagian dari Memory VGA anda, sekitar 256-768 MB tergantung dari VGA. Dengan kasus yang sama Computer Properties (bisa diakses lewat start>klik kanan pada Computer) hanya menampilkan sebagian dari RAM anda saja, tidak sepenuhnya. Tanya kenapa? Yap, sama saja dengan VGA, RAM juga diletakkan dalam Slot, tetapi berbeda jenis. Slot RAM juga "memesan" sebagian dari RAM anda sehingga tidak dapat digunakan oleh OS.



    Lalu bagaimana dengan anda yang sudah menghabiskan uang untuk membeli RAM atau memory yang cukup besar, misalkan 8, 16, atau bahkan 32 GB? Windows versi manapun akan tetap menampilkan RAM anda sebesar 4 GB saja. Ini juga diketahui sebagai pembatasan pada Windows Vista dan Windows 7 x86.

   Faktanya, Microsoft sendiri selaku pemilik sah OS Windows meng-klaim bahwa itu bukan kesalahan mereka, MELAINKAN itu sendiri merupakan kekurangan dari Arsitektur (Arch) 32-bit. Prosesor dengan Arsitektur 32-bit dengan jumlah total 32 Register memang hanya bisa mengalokasi maksimal 4 GB, karena 232 = 4 Giga. Tetapi ini tidak sepenuhnya benar, alasannya adalah adanya  fitur PAE (Physical Address Extension). Sekali lagi, jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang PAE bisa langsung menuju berikut

   PAE memungkinkan mengalokasikan lebih dari 4 GB dengan 32-bit register jika register tersebut tidak digunakan untuk menyimpan Physical Address, tetapi disini register-register tersebut digunakan untuk menyimpan "Linear Address", yang mana dialokasikan untuk Physical Address menggunakan Page Table. Fitur ini sebenarnya seudah ada sejak lama, yaitu sejak jamannya pemakaian Intel Pentium Pro. Prosesor dengan arch 32-bit (x86) "Address Line" tambahan telah disediakan, jadi arsitektur 32-bit dapat menggunakan sampai 64 GB RAM dengan mode PAE. 

   Bagaimana caranya agar Windows 32-bit menggunakan RAM lebih dari 4 GB?

   Sebelum melanjutkan ketahapan berikut, pastikan anda telah memback-up semua data penting dan bahkan jika bisa menyiapkan file instalasi Windows untuk berjaga-jaga, dan perlu diingat Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi. Perlu diingat juga bahwa Patch ini dapat terdeteksi sebagai Malicious File/Virus oleh antivirus anda, karena patch ini akan memodifikasi kernel windows anda.

   Windows Vista/7 memiliki 2 Kernel, yang satu tidak menggunakan PAE, dan yang satunya menggunakannya, Yaitu NTOSKRNL.EXE & NTKRNLPA.EXE . Kedua file tersebut tersimpan dalam direktori %windir%\Windows\System32\. Berikut langkah-langkah-nya.

  1. Download Patch-nya disini, Untuk Windows Vista 32-bit 4 GB RAM || Untuk Windows 7 32-bit 4 GB RAM
  2. Saya hanya baru mencoba untuk patch versi Windows 7, dan lagi berbahasa Rusia. Anda buka Patch tersebut dengan Klik kanan>Run Administrator.
  3. Tekan tombol besar yang berada di tengah. Lihat gambar dibawah
  
     Lalu akan muncul Command Prompt (CMD), langsung saja tekan Y



*Note: x64 = 64-bit, x86= 32-bit.
           Patch untuk Windows 7 telah diujicoba dan berhasil. 

Semoga membantu, min Egi.
Disqus Comments